BLOG INI TIDAK MENGALAMI UPDATE

SILAHKAN KUNJUNGI WEB KAMI DI www.elsuny.com


Tuesday, May 26, 2009

Menghindari pikun di usia muda

·
-----



Otak sebenarnya tidak pernah kehilangan daya ingat. Otak dapat merekam segala sesuatu seperti halnya komputer, meskipun masalahnya kehilangan daya ingat bisa terjadi karena kita tidak mempraktekkannya untuk mengingat informasi sehingga memori kita miliki bisa hilang. Otak sama seperti bagian tubuh yang lain butuh latihan fisik dan mental bersama-sama dengan nutrisi khususnya untuk meningkatkan kekuatan daya ingat, berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik:
Mengkonsumsi kedelai.

Menurut Profesor Sandra File dari Guy’s Hospital London, kedelai mengandung isoflavon yang bertindak sebagai reseptor estrogen dalam otak manusia terutama hippocampus sebagai area area penting untuk memori sehingga membantu hubungan saraf baru lebih siap.

Zat besi.

Penilitian di Kings College, lOndon dan Universitas Rochester, New York menunjukkan bahwa penurunan konsumsi zat besi dapat memiliki dampak detrimental pada tingkat IQ dan fungsi kognitif karena zat besi memainkan peranan penting dalam merubah seignal dalam otak.

Latihan mental.

Penelitian menunjukkan bahwa rangasangan mental dapat menjaga otak sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus cenderung memiliki keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental.

Latihan fisik.

Setengah jam latihan fisik tiga kali seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak karena olah raga dapat memperbaiki kemampuan kerja jantung untuk memompa darah lebih efektif.

Mengkonsumsi gingko biloba.

Herba ini digunakan sebagai penguat daya ingat sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Menurut Dr George Lewith, gingko dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan suplai oksigen.

Minyak ikan.

Minyak ikan mengandung Omega 3 yang merukan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki daya ingat.

Vitamin B.

Vitamin B berfungsi mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan bebas, Vitamin B mempertajam dan meningkatkan daya ingat juga dibutuhkan untuk membantu tubuh membentuk acetycholine suatu bahan kimia yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya ingat. Niacin atau B3 baik untuk memperkuat otak. B6 penting untuk memproduksi neurotransmitter terutama untuk meningkatkan mood. B12 baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan. (majalah Natural 02.2005)

0 comments:


ShoutMix chat widget


counter

Peta kunjungan